Rabu, 01 Juli 2015

SILABUS TEKNOLOGI INFORMASI



Kontrak/Silabus Perkuliahan

Mata Kuliah               :      Teknologi Informasi
                                    dalam Pendidikan Agama Islam
Dosen                         :      Dr. Ani  Cahyadi  Maseri,  M.Pd
Jenjang                       :      Strata II

 

1.  Deskripsi  Kuliah


Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep teknologi informasi, dan komunikasi (TIK), instruksional desain, integrasi dan aplikasi teknologi informasi untuk kepentingan pendidikan. Metodologi pengembangan sistem pendidikan berbasis teknologi informasi (e-learning dan multimedia). Peranan dan pengaruh teknologi informasi terhadap perkembangan yang akan dihadapi oleh dunia pendidikan dan etika dan moral teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. 

2.  Tujuan Mata Kuliah

Pelaksanaan mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan sebagai berikut :
·    Memahami konsep dan aplikasi TIK dalam pendidikan/pembelajaran
·    Menganalisis dan mengeksplorasi berbagai media TIK dalam menunjang PBM.
·    Mendesain dan mengembangkan TIK dalam PBM

3. Strategi
a.  Kuliah ini lebih merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan mengutamakan kegiatan presentasi, diskusi dan argumentasi atas berbagai issue yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
b.  Mahasiswa secara berkelompok wajib memilih salah satu Bab (Chapter) dari buku referensi utama, dan mendiskusikannya di kelas. Bab yang dipilih perlu disepakati bersama, sehingga dosen dan rekan mahasiswa dapat mempersiapkan diri. Dosen dan rekan mahasiswa lain menilai pembahasan dan presentasi tersebut dengan format yang disediakan.
c.  Mahasiswa harus mengikuti  UTS dan UAS pada waktu yang telah ditetapkan, dan tidak ada kesempatan untuk ujian ulangan. Tes dan tugas lain akan diberikan secara berkala berupa tes penguasaan bahan ajaran yang berkaitan dengan  pembahasan  suatu pokok bahasan.
d.  Bilamana  karena  sesuatu hal  terpaksa  tidak  dapat  mengikuti pembahasan suatu  pokok  bahasan  di  kelas, maka  mahasiswa  yang  bersangkutan harus melakukan  pembahasan  sendiri secara tertulis. Pembahasan tertulis dilakukan  dalam bentuk makalah singkat (maksimum 4 halaman kertas A 4 spasi 1,5 font 12). Makalah  singkat  itu harus  diserahkan kepada dosen pembina selambatnya dua minggu setelah  pembahasan topik yang bersangkutan di kelas.
e.  Jadwal  pembahasan  akan ditentukan kemudian, setelah masing-masing   kelompok memilih Bab yang dikaji dan waktu pembahasannya.
f.   Mahasiswa  yang  tidak memenuhi tugas pada waktunya, akan dinilai berdasarkan rata-rata nilai tugas yang diselesaikannya. 

4.  Penilaian Hasil Belajar

·    Kuliah tatap muka dan Partisipasi Kelas dengan bobot 20%.
·    Penyusunan tugas-tugas individual lainnya dengan bobot 30%.
·    Presentasi dan Diskusi Studi Kasus, dalam bentuk Project Group dengan bobot 30%.
·    Ujian (Kuis, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester) dengan bobot 20%.

5.  Materi Perkuliahan


Adapun materi perkuliahan terdiri atas :

Pertemuan
Materi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

Pengantar konsep dan integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan.
Peran, Fungsi Dan Komponen TIK Dalam Pembelajaran.

Pemanfaatan TIK dalam Pendidikan

Multimedia dan Hypermedia dalam Pendidikan.

Membuat Model dan Pengembangan TIK/ICT di di sekolah.

Ujian Tengah Semester


Komputer sebagai Media Pembelajaran

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran

Pembelajaran berbasis E-Learning/Online Learning

Lanjutan

Blended Learning/Pembelajaran Campuran

 

Praktik TIK


Lanjutan

 

Lanjutan

 

Review Perkuliahan

 

Ujian Akhir Semester



7.  Referensi

Sumber Utama

Margaret D. Roblyer & Aaron H. Doering, (2010) Integrating Educational Technology into Teaching (fifth edition), New Jersey : Pearson Education, Inc.
Muhammad Adri. 2008. Guru Go Blog: Optimalisasi Blog untuk Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Alfabeta dan SPS UPI.
Reiser, R.A. & Dempsey, J.V. 2002. Trens and Issues in Instructional Design and Technology. New Jersey : Pearson Education, Inc.
Smaldino, S.E., Lowther, D.L. Russel, J.D. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Edisi 9. New Jersey: Pearson-Merrill Prentice Hall.
Isjoni & Mohd. Arif Hj. Ismail. 2008. Pembelajaran Virtual: Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumber Tambahan
Howard, Caroline., at.all.2004. Distance learning and university effectiveness: Changing educational paradigms for online learning. Information Science Publishing, Hershey.
Jonassen, D.H. & Mandl, H. 1990. Designing Hypermedia for Learning. New York : Cooperation with NATO Scientific Affairs Division.
Laudon, K.C., Traver, C.G. & Laudon, J.P. 1994. Information Technology and Society. California: Wadsworth Publishing Company.
O’neil, H.R. & Ray S. Perez. 2003. Technology Applications in Education: A Learning View. Lawrence Erlbaum Associates Publishing, New Jersey.
Bahan-bahan Seminar “The Power of ICT in Education” dan Hand Out



Tidak ada komentar:

Posting Komentar