Kontrak/Silabus
Perkuliahan
Mata Kuliah : Teknologi
Informasi
dalam Pendidikan
Agama Islam
Dosen : Dr. Ani Cahyadi Maseri,
M.Pd
Jenjang : Strata
II
1. Deskripsi Kuliah
Mata
kuliah ini mengkaji tentang konsep teknologi informasi, dan komunikasi (TIK),
instruksional desain, integrasi dan aplikasi teknologi informasi untuk
kepentingan pendidikan. Metodologi pengembangan sistem pendidikan berbasis
teknologi informasi (e-learning dan multimedia). Peranan dan pengaruh teknologi
informasi terhadap perkembangan yang akan dihadapi oleh dunia pendidikan dan
etika dan moral teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan khususnya
Pendidikan Agama Islam.
2. Tujuan Mata Kuliah
Pelaksanaan
mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Memahami konsep dan aplikasi TIK dalam
pendidikan/pembelajaran
· Menganalisis dan mengeksplorasi berbagai media TIK dalam
menunjang PBM.
· Mendesain dan mengembangkan TIK dalam PBM
3. Strategi
a. Kuliah ini lebih merupakan
upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan
mengutamakan kegiatan presentasi, diskusi dan argumentasi atas berbagai issue
yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
b. Mahasiswa secara berkelompok wajib memilih
salah satu Bab (Chapter) dari buku referensi utama, dan mendiskusikannya di
kelas. Bab yang dipilih perlu disepakati bersama, sehingga dosen dan rekan
mahasiswa dapat mempersiapkan diri. Dosen dan rekan mahasiswa lain menilai
pembahasan dan presentasi tersebut dengan format yang disediakan.
c. Mahasiswa harus mengikuti UTS dan UAS pada waktu yang telah ditetapkan,
dan tidak ada kesempatan untuk ujian ulangan. Tes dan tugas lain akan diberikan
secara berkala berupa tes penguasaan bahan ajaran yang berkaitan dengan pembahasan
suatu pokok bahasan.
d. Bilamana karena
sesuatu hal terpaksa tidak
dapat mengikuti pembahasan
suatu pokok bahasan
di kelas, maka mahasiswa
yang bersangkutan harus
melakukan pembahasan sendiri secara tertulis. Pembahasan tertulis
dilakukan dalam bentuk makalah singkat
(maksimum 4 halaman kertas A 4 spasi 1,5 font 12). Makalah singkat
itu harus diserahkan kepada dosen
pembina selambatnya dua minggu setelah
pembahasan topik yang bersangkutan di kelas.
e. Jadwal pembahasan
akan ditentukan kemudian, setelah masing-masing kelompok memilih Bab yang dikaji dan waktu
pembahasannya.
f. Mahasiswa yang
tidak memenuhi tugas pada waktunya, akan dinilai berdasarkan rata-rata
nilai tugas yang diselesaikannya.
4. Penilaian Hasil Belajar
· Kuliah tatap muka dan Partisipasi Kelas dengan
bobot 20%.
· Penyusunan tugas-tugas individual lainnya dengan bobot
30%.
· Presentasi dan Diskusi Studi Kasus, dalam bentuk
Project Group dengan bobot 30%.
· Ujian (Kuis, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester)
dengan bobot 20%.
5. Materi Perkuliahan
Adapun materi
perkuliahan terdiri atas :
Pertemuan
|
Materi
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
Pengantar konsep dan integrasi teknologi informasi dan
komunikasi dalam pendidikan.
Peran,
Fungsi Dan Komponen TIK Dalam Pembelajaran.
Pemanfaatan TIK dalam Pendidikan
Multimedia dan Hypermedia dalam Pendidikan.
Membuat Model dan Pengembangan TIK/ICT di di
sekolah.
Ujian Tengah Semester
Komputer sebagai Media Pembelajaran
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran
Pembelajaran berbasis E-Learning/Online Learning
Lanjutan
Blended Learning/Pembelajaran CampuranPraktik TIK
Lanjutan
LanjutanReview PerkuliahanUjian Akhir Semester |
7. Referensi
Sumber Utama
Margaret D. Roblyer & Aaron H. Doering, (2010) Integrating
Educational Technology into Teaching (fifth edition), New Jersey : Pearson
Education, Inc.
Muhammad Adri. 2008. Guru Go Blog: Optimalisasi Blog untuk
Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung:
PT. Alfabeta dan SPS UPI.
Reiser, R.A. & Dempsey, J.V. 2002. Trens and Issues in
Instructional Design and Technology. New Jersey : Pearson Education, Inc.
Smaldino, S.E., Lowther, D.L. Russel, J.D. 2008. Instructional Technology
and Media for Learning. Edisi 9. New Jersey: Pearson-Merrill Prentice Hall.
Isjoni & Mohd. Arif Hj. Ismail. 2008. Pembelajaran Virtual:
Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumber Tambahan
Howard, Caroline., at.all.2004. Distance learning and university
effectiveness: Changing educational paradigms for online learning.
Information Science Publishing, Hershey.
Jonassen, D.H. & Mandl, H. 1990. Designing
Hypermedia for Learning. New York : Cooperation with NATO Scientific
Affairs Division.
Laudon, K.C., Traver, C.G. & Laudon, J.P. 1994. Information
Technology and Society. California: Wadsworth Publishing Company.
O’neil, H.R. & Ray S. Perez. 2003. Technology Applications in
Education: A Learning View. Lawrence Erlbaum Associates Publishing, New
Jersey.
Bahan-bahan Seminar “The Power of ICT in Education” dan Hand Out
Tidak ada komentar:
Posting Komentar